Wacana Kita Realitas Kita

Posted on

WP_20160915_001-200x135 Wacana Kita Realitas KitaAPA ITU Wacana Kita…

Wacana Kita adalah forum pembelajaran bersama, dalam bentuk diskusi, berbagi pengetahuan dan  pengalaman, dari, oleh dan untuk masyarakat, tentang hal-hal penting terkait persoalan bersama, atau yang menjadi isu publik warga Kota Probolinggo.

Wacana Kita bergerak pada bidang sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, politik, pemerintahan, pelayanan publik, dsb, untuk mengarah pada pencerahan dan kesepahaman bersama yang membuka jalan solusi.

Wacana Kita, menggerakkan wacana, untuk ‘menyingkap makna’ dalam membangun wacana sehat dan positif di antara kita, yakni wacana kita, karena wacana itu mengonstruksi realitas sosial (Wodak, 2005:23), atau dengan kata lain, wacana itu “menciptakan realitas”, maka realitas yang tercipta adalah milik kita bersama, desain kita bersama. Inilah wacana kita, masa depan kita.

Forum diskusi Wacana Kita diselenggarakan secara rutin sekurang-kurangnya setiap 2 bulan atau menurut kebutuhan, berlandaskan kepentingan dan komitmen bersama untuk masyarakat, diinisiasi oleh komponen masyarakat Kota Probolinggo yang peduli kotanya. Untuk lebih mengarah pada capaian positif dan dapat dipertanggungjawabkan, forum Wacana Kita diselenggarakan menurut kaidah ilmiah namun santai, dengan melibatkan pihak-pihak yang berkompeten dengan isu atau persoalan yang dibahas, dan memiliki otoritas baik otoritas keilmuan, otoritas informasi,  maupun  otoritas legal. Forum boleh dihadiri oleh siapapun warga Kota Probolinggo yang berkepedulian pada perkembangan kota ini. Peserta diskusi tidak dipungut biaya.

Forum ini bersifat netral, independen, sukarela dan terbuka serta membuka partisipasi aktif dan setara, agar forum Wacana Kita ini tetap dapat terselenggara dengan baik dan sehat demi kepentingan bersama.

PEMANDU/ FASILITATOR Wacana Kita

Pemandu/ fasilitator utama forum Wacana Kita bersifat tetap, bertugas menyelenggarakan dan mengatur agar forum Wacana Kita tetap dapat terselenggara dengan baik.

 

PEMBICARA DAN PESERTA

Pembicara dan peserta forum, juga pihak-pihak yang terkait dengan terselenggaranya forum ini, bersifat sukarela dan berkepedulian serta berkomitmen pada kebersamaan dan kebaikan bersama. Pembicara dalam forum ini adalah siapa saja yang memiliki visi, ide cemerlang, pengalaman menarik dan komitmen keilmuan demi kebaikan bersama masyarakat Kota Probolinggo.

Peserta forum adalah warga masyarakat Kota Probolinggo yang memiliki kepedulian,  ide, pemikiran dan harapan baik pada kemajuan kota Probolinggo. Peserta forum dapat menjadi pembicara forum pada putaran forum berikutnya. Pelajar dan mahasiswa diperbolehkan mengikuti forum ini.

TEMA

Tema forum Wacana Kita, adalah meliputi, namun tidak terbatas pada, bidang-bidang berikut:

Sosial: perubahan sosial, transformasi sosial, rekayasa sosial, media sosial.

Budaya: budaya lokal, budaya kontemporer, perubahan budaya.

Ekonomi Bisnis: kewirausahaan (entrepreneurship), usaha kerakyatan, ekonomi kreatif, bina kreativitas dan produktivitas, start-up bisnis kreatif berbasis internet, fintech dan media sosial.

Pendidikan: penyelenggaraan pendidikan, pendidikan holistik, pendidikan berbasis kecakapan hidup dan kreativitas, pendidikan kewirausahaan (entrepreneurship education), pengelolaan sekolah, kajian praktik pendidikan tradisional.

Politik dan Pemerintahan: kepemerintahan yang baik (good governance), partisipasi politik, pemilu, partai politik. 

Pelayanan Publik: pelayanan publik pemerintahan dan sektor publik.

 

TINDAKLANJUT DAN PUBLIKASI

Hasil-hasil forum Wacana Kita, didokumentasikan dan ditindaklanjuti dengan melibatkan pihak-pihak yang berkompeten, dan dipublikasikan agar forum diskusi Wacana Kita memiliki hasil guna.

Dan untuk mempermudah publikasi atau penyebaran informasi terkait diskusi, proses, kontributor diskusi baik kontributor ide, kontributor materi, pendanaan, hasil diskusi, rekomendasi pasca diskusi dan hal-hal lain terkait penyelenggaraan forum Wacana Kita ini, dipublikasi melalui media-media massa yang tersedia, baik cetak maupun elektronik dan media berbasis internet, termasuk website, blog, facebook, twitter, instagram, banner, dan media-media lain yang memungkinkan.

KEBERLANJUTAN FORUM

Untuk keberlanjutan forum Wacana Kita, siapapun baik perseorangan maupun institusi, dapat memberikan kontribusi baik berupa ide, materi maupun dana, dengan syarat, dilakukan secara sukarela, dengan semangat kesetaraan dan tidak mengikat serta terbuka. Kontribusi dan kontributor, baik perseorangan maupun institusi, diumumkan, sebagai wujud transparansi, tanggungjawab dan kepedulian pada pengembangan kota Probolinggo dan kebaikan bersama warga kota Probolinggo.

Program dan agenda rutin forum Wacana Kita, diatur dalam “Program dan Agenda Rutin”.

Ketentuan penyelenggaraan forum diskusi Wacana Kita, diatur dalam “Tata Tertib Diskusi.

Forum diskusi Wacana Kita diinisiasi oleh aktivis sosial, akademisi dan aktivis media, yang menjadi penggerak forum diskusi.

Siapapun dapat berpartisipasi secara sukarela dan aktif sebagai penggerak forum. Silakan hubungi juru bicara/ penanggungjawab forum.

Pendaftaran peserta diskusi, dilakukan melalui link Pendaftaran Peserta.

Pendaftaran pembicara, dilakukan melalui link Pendaftaran Pembicara.

Anda menyukai forum diskusi ini?

Anda ingin forum ini berjalan terus? Silakan kunjungi link ini.

Konfirmasi partisipasi dalam aktivitas Wacana Kita, silakan hubungi narahubung dan penanggungjawab Wacana Kita:

Wawan E. Kuswandoro (Dosen FISIP Universitas Brawijaya, Kandidat Doktor Ilmu Politik Universitas Airlangga, warga Kota Probolinggo):  HP (Call/ SMS/ WA): 08123476361, wkuswandoro@ub.ac.id

 

PROGRAM DAN AGENDA

Program dan agenda kegiatan forum diskusi Wacana Kita:

Diskusi, baik itu diskusi terbatas maupun diskusi publik,  untuk membahas suatu isu penting yang bertujuan sebagai pencerahan, edukasi publik, pengembangan budaya ilmiah dan solusi bagi kepentingan dan kebaikan bersama warga Kota Probolinggo.

Bedah Buku untuk membahas suatu buku yang terkait dengan suatu permasalahan atau isu penting tertentu, untuk pengembangan wacana keilmuan, pemahaman suatu ide, teori atau metode tertentu yang ada dalam buku, mengembangkan budaya ilmiah dan budaya literasi.

Karya Inovasi Literasi, yakni kompetisi gagasan (tertulis) inovatif, pameran karya berbasis tulisan, untuk mengembangkan budaya ilmiah praktis dan budaya literasi di kalangan masyarakat.

Klinik Literaksi, yakni pembimbingan pemahaman buku, penyusunan karya berbasis tulisan dalam kaidah ilmiah, yang berorientasi penguatan aktivitas keilmuan untuk masyarakat dan kontekstualisasi dari tulisan ke aksi.

————————–

Gambar Gravatar
Pengajar di Program Studi Ilmu Politik, FISIP Universitas Brawijaya, peneliti, peminat Rekayasa Sosial dan Pembangunan Politik, Personal Edification Coach metode MiracleWays™, blogger, Internet-Based Marketer (IBM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *